Teknologi NFC Memudahkan Berbagai Pekerjaan

Apa itu NFC? Pengertian NFC merupakan teknologi terbaru sebagai media perpindahan data yang berbasis teknologi Radio Frequency Identification (RFID). NFC sebenarnya bentuk terbaru dari Bluetooth untuk mentransfer data dengan konektivitas tanpa kabel dari dua atau lebih perangkat elektronik dari jarak dekat. Transfer data dilakukan melalui perantara induksi medan magnet yang ada di masing-masing perangkat elektronik.

Dari pengertian NFCtersebut, maka manfaat dari NFC saat ini semakin beragam terutama untuk menyederhanakan komunikasi yang biasanya memerlukan koneksi Bluetooth atau WiFi. Autentikasi antar perangkat menggunakan Bluetooth maupun WiFi tergolong lebih lama dan seringkali mengalami kegagalan. Sehingga pada teknologi NFC ini menawarkan autentikasi antar perangkat hanya beberapa detik saja. NFC berfungsi untuk memudahkan pertukaran konten digital seperti gambar, video maupun audi dengan cepat.

Memanfaatkan NFC untuk Memudahkan Berbagai Pekerjaan

Beberapa pemanfaatan NFC didalam kehidupan sehari-hari maupun untuk pekerjaan bisnis diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan pembayaran
    Jika Anda pernah mendengar atau bahkan menggunakan e-money, maka dalam kartu e-money tersebut menggunakan prinsip NFC. Sehingga dalam hal ini NFC berfungsi sebagai alat pembayaran secara elektronik. Penggunaannya pun sangat mudah, yaitu hanya dengan menempelkan kartu ke mesin pembayaran yang disediakan. Aplikasi pembayaran seperti ini bisa digunakan jika Anda memiliki bisnis di bidang retail, restaurant atau café, minimarket atau lainnya. Metode pembayaran seperti ini lebih efektif daripada menggunakan uang tunai.
  2. Melakukan aktivitas secara otomatis
    Teknologi NFC ini bisa dimanfaatkan untuk membukan aplikasi-aplikasi secara otomatis. Misalnya di sebuah kantor perusahaan sudah menerapkan sistem NFC untuk menaiki lift, absen kehadiran, mengakses WiFi atau perangkat-perangkat di perusahaan dan aktivitas lainnya yang bisa dilakukan hanya dengan melakukan tap pada sebuah NFC tag. Bahkan di negara maju saat ini, penduduknya sudah banyak yang menggunakan NFC untuk menyalakan musik, menyalakan lampu dan sebagainya.
  3. Memudahkan untuk saling bertukar pesan
    Sesuai dari pengertian NFC, maka program ini bisa memudahkan bertukar pesan untuk banyak perangkat sekaligus. Misalnya ketika sedang rapat di kantor, maka dengan memanfaatkan NFC bisa mudah untuk bertukar informasi hanya dengan mendekatkan ponsel.

Jika melihat penjelasan di atas, lalu apa sebenarnya yang membedakan NFC dengan Bluetooth? Menurut situs https://www.maxmanroe.com/ perbedaannya terletak dari segi jarak, jika menggunakan Bluetooth, maka Anda bisa bertukar data hingga pada jarak 10 meter. Namun jika menggunakan NFC, maksimal jarak antar perangkat tidak lebih dari 10 cm.

NFC bekerja secara otomatis, sehingga dalam penggunaanya terkadang cukup rawan dalam hal keamanan. Maka berikut ini terdapat tips aman bagi Anda yang terbiasa menggunakan NFC sehari-hari, diantaranya:

  • Jika program NFC terdapat di ponsel Anda, maka jangan terus-terusan diaktifkan. Tujuannya untuk meningkatkan keamanan data dalam perangkat.Oleh karena itu, gunakan perangkat ini seperlunya saja.
  • Program NFC biasanya disediakan kunci dengan PIN. Sehingga dengan memasang kata sandi dapat mencegah orang lain mengaktifkan NFC Anda. Karena setiap pengaktifan NFC memerlukan input PIN.
  • Ketika menyalakan NFC Anda, sebaiknya tidak mendekatkan NFC Anda dengan sembarang NFC yang lain meskipun belum tentu NFC tersebut menyala. Ini karena NFC bekerja secara otomatis ketika berdekatan dengan mesin NFC lain.

Dari ulasan tentang NFCtersebut, meskipun perangkat ini terbilang canggih dan modern namun penerapannya di Indonesia masih sangat jarang. Padahal jika perangkat ini dimaksimalkan dalam kehidupan sehari-hari bisa membantu memudahkan pekerjaan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*